Monday, August 25, 2014

Potensi Ternak Domba



Domba termasuk keluarga besar hewan ruminansia (seperti kambing, sapi, kerbau dll), dan merupakan kelompok hewab domestik atau hewan peliharaan.

Sampai saat ini belum banyak peternak besar yang berkonsentrasi dalam upaya breeding (beternak untuk memperbanyak keturunan).  Umumnya peternak menengah dan besar yang ada, lebih fokus pada upaya penggemukan; hal ini sangat wajar karena periode yang diperlukan untuk menghasilkan uang jauh lebih singkat.

Upaya peternakan breeding malah dilakukan oleh peternak tradisional yang melakukan usaha ternak sebagai sampingan.  Ini bisa dipastikan prosesnya tidak memperhatikan hampir semua hal yang diperlukan dalam peternakan breeding.  Akibatnya penambahan keturunan atau perbanyakan keturunan pada Domba boleh dibilang tidak baik (itupun kalau kita tidak berani bilang berkurang).

Ekonomi yang semakin membaik, memberikan dampak terhadap peningkatan kebutuhan daging sebagai konsumsi harian.  Selain itu, efek ekonomi yang membaik, jumlah hewan korban pada Hari Raya Qurban (Idul Adha) juga meningkat pesat.  Kita bisa liihat dari perkembangan di Kampoeng Ternak; pada awal berdirinya, mereka hanya menjual sekitar 90 ekor Domba untuk Qurban; namun beberapa tahun kemudian, jumlah itu meningkat sampai 25.000 ekor.  Kondisi ini juga terlihat pada peternak kelas menengah seperti Bp. H. Bunyamin; untuk saat ini seharinya memotong sekitar 100 ekor Domba. Untuk hari raya Qurban, H Bunyamin melepas sekitar 2.000 ekr Domba.  Belum lagi dari peternak2 lain yang tersebar di seluruh Nus antara ini.

Satu hal yang hampir sama dikeluhkan oleh para peternak saat ini adalah sulit untuk mendapatkan bakalan dalam jumlah besar.  Mereka harus mengumpulkan secara kolektif dari peternak kecil.  Ini merupakan peluang yang sangat baik bagi kita untuk melirik dan bahkan melakukan pengembangan ke usaha peternakan breeding untuk Domba.  Sebagai gambaran harga Domba hidup saat ini sekitar Rp.70.000,-/Kg; ukuran bakalan berkisar antara 18 Kg sd 22 Kg.  Adapun waktu yang dibutuhkan untuk membuat ukuran berat bakalan dari lahir berkisar 5 sd 6 bulan.

Anda bisa bayangkan peluang pasar untuk peternak breeding Domba untuk masa-masa yang akan datang.

Terima kasih.

3 comments: